Selasa, Agustus 18, 2020

Hari ke-16_Mengharap Momongan#3

Allah berfirman dalam Al Quran

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60). 
Setelah langkah Introspeksi Diri dan Rekam Medis, tulisan saya berikutnya akan membahas tentang Perbaiki Ibadah. Hal ini berkaitan dengan mengharap turunnya Ridha Allah dan dikabulkannya doa untuk mendapatkan momongan.
Tulisan ini hanya menyampaikan ulang, beberapa pendapat dan langkah yang disampaikan beberapa ustadz yang saya dengar dan ikuti pengajiannya. Mohon koreksi jika terdapat salah kutip. Terima kasih

Perbaiki Ibadah

Ustadz Yusuf Mansyur dalam sebuah ceramah mengatakan, "Tidak ada masalah dunia ini yang tidak selesai andai kita melaksanakan 6 hal secara sempurna. Yaitu berwudhu, sholat, berdoa dengan khusyuk, membaca Al Quran, Sedekah, dan Pasrah (Tawakkal)

Bagi kami, point utama dari apa yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansyur adalah perbaiki sholat dan memperbanyak sedekah. 
Jika anda belum melaksanakan sholat dengan benar dan tertib. Perbaikilah terlebih dahulu. 
Jika anda sudah melaksanakan sholat dengan benar dan tertib. Tambahlah, sempurnakanlah sholat itu. Lakukan dengan berjamaah, tambahkan dengan sholat sunah. 
Ingat kembali, lakukanlah berdua, anda dan pasangan. Saling mengingatkan, saling menguatkan, dan saling menyempurnakan. Sehingga semuanya terasa ringan. 
Dalam hal bersedekah, silahkan lakukan langkah seperti sholat. Jika belum, bersedekahlah, jika sudah, tambahlah. Tambah jumlahnya, tambah ikhlasnya. Niatkan untuk memeroleh ridha dari Allah semata. Jangan sampai ada riya atau ujub. 

Tambahkanlah puasa sunnah. Untuk menambah kekuatan doa anda mengetuk pintu - pintu langit

Ustad Salim A Fillah dan Ustadz Awan Abdullah pernah menyebutkan, bahwa hujan adalah rahmat Allah yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan manusia dan dapat diikhtiarkan dalam memeroleh momongan. 

Bermainlah hujan-hujanan bersama pasangan. hehe. Kami pernah melakukan ini. 
Namun ingat, jangan lakukan seperti anak kecil yang berlarian ke sana kemari dan mengumbar auratnya. Carilah tempat yang tertutup di dalam rumah, pastikan tidak ada orang lain yang melihat, kemudian usahakan air hujan mengenai pori-pori anda. Tidak harus terbuka seluruhnya ya... Cukup sebagian besar anggota tubuh terkena air hujan secara langsung. Bukan dari genteng atau saluran air.
Aneh?
Menurut saya unik 
Hehe

Terakhir, doa
Percayalah kekuatan doa

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis yang terdapat dalam HR.Muslim
"Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan Malaikat akan berkata "Dan bagimu juga kebaikan yang sama" 
Langkah yang saya lakukan adalah membuat catatan. Catatan yang berisi tentang sahabat, tetangga, dan anggota keluarga yang juga belum mendapatkan momongan. 
Saya mendoakan mereka semua setelah sholat. 
Hanya berharap semoga, doa yang saya panjatkan pada Allah SWT mendapatkan ridhoNya dan juga kembali kepada saya. Karena kami memiliki keinginan yang sama. 
Seingat saya, saya mempunyai 13 orang yang juga belum memiliki momongan. Alhamdulillah, 6 orang dari kami sudah terkabul doanya. 

Kunci ibadah adalah istiqomah. Jangan lakukan banyak perubahan ibadah, namun hanya sementara. Akan lebih baik sedikit demi sedikit namun istiqomah dan konsisten. Lebih baik lagi jika melakukan semuanya dan dapat konsisten. 


Sekian
Semoga bermanfaat
harikeenambelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar