Kamis, Januari 02, 2014

[Hadist] Lima Perkara Sebelum Lima Perkara

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
(HR. Al Hakim)

Beberapa bulan ini, saya mencari tentang hadist ini, akhirnya ketemu juga.
Hadist ini sudah lama ingin saya miliki drafnya, karena memang bagus dan sangat inspiratif untuk saya. Pertama kali saya mendengar arti hadist ini dari salah satu grup nasyid, RAIHAN.
Artinya kurang lebih seperti ini :
“Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara:
[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.”
(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits shahih)

Saya kemudian ingat sebuah pertanyaan dari seorang bijak,
"Apa yang paling jauh dari kita?"
jawabannya : waktu
"Apa yang paling dekat dengan kita?"
jawabannya : kematian

Kandungannya saya kira sama dengan hadist di atas, bahwa kita harus memanfaatkan waktu yang masih diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Tidak akan bisa kita memutar kembali waktu yang telah terlewat, dan tidak akan pernah bisa kita menunda kematian yang akan datang menjemput kita.
Sebelum penyesalan menghampiri kita, marilah kita bersama-sama bergerak menjadi pribadi yang lebih baik. Lebih baik dalam memanfaatkan waktu dan lebih baik dalam menanti kematian.

9 komentar:

  1. Minta hadits ny ya bang, sya jga lagi nyari2 hadits ini.
    Thankyou

    BalasHapus
  2. Jazakalloh..
    Insyaalloh barkah.

    BalasHapus
  3. Boleh minta referensi lengkapnya, untuk membantu saya dalam menyelesaikan tugas. Terimakasih

    BalasHapus
  4. Trm ksh bnyak ats ilmu nya smga mnjadi amal bagi kita semua
    Syukran

    BalasHapus
  5. Mudah mudahan menjadi ilmu manfa’at & jalan pembuka bagi muslimin muslimat....

    #inisangatmembantukami
    #syukraan

    BalasHapus
  6. itukan hadits syair lagunya bang Haji Rhoma Irama yang berjudul "Lima" di film Cinta Segi Tiga tahun 1979.

    BalasHapus