Sabtu, Januari 18, 2014

Nasihat untuk pasangan pengantin baru

Hari ini salah seorang teman saya mengundurkan diri karena harus bersatu dengan istri di tempat kerja yang baru. Di dalam perpisahan yang diadakan di sebuah rumah makan, sesepuh kami memberikan nasihat untuk beliau berdua. Nasihat ini menarik untuk saya pribadi, mungkin juga menarik untuk orang lain. Beliau berkata :
            "Pasangan pengantin baru itu, harus melaksanakan 5 M. Agar pernikahannya menjadi barokah mawaddah dan warrohmah.
M yang pertama adalah Manembah (bahasa jawa) artinya Menyembah. Maksudnya adalah pasangan ini harus lebih meningkatkan ibadahnya ketika setelah menikah. Harus terlihat progress peningkatannya, antara sebelum menikah dan sesudah menikah. Kenapa? karena Allah telah memberikan rizky yang tidak terkira berupa pasangan hidup. Maka sudah seharusnya kalau lebih dekat denganNya. Intinya suami harus mengingatkan istri berkaitan dengan ibadahnya, begitupula istri harus mengingatkan suami berkaitan dengan ibadahnya.
M yang kedua adalah Manunggal artinya Menyatu. Maksudnya adalah pasangan pengantin baru harus menyatu dalam hati, perilaku, dan jasmani. Memang menikah itu artinya bersatu. Namun tidak hanya jasmani saja yang harus bersatu, namun hati dan perilaku harus menyatu. Jangan sampai terdapat perbedaan antara kata hati dan perilaku. Suami harus bisa memberikan teladan bagi istri sedangkan istri harus mampu jadi pengingat dan penyemangat bagi sang suami.
M yang ketiga adalah Makarya artinya Bekerja. Maksudnya adalah pasangan pengantin baru harus bekerja. Seorang laki-laki yang berniat untuk menikah harus siap bekerja untuk menjadi pencari nafkah bagi keluarganya. Seorang istri pun diperbolehkan untuk membantu mencukupi kebutuhan keluarga. Walaupun fitrah seorang istri adalah untuk mengatur rumah tangga.
M yang keempat adalah Mandiri. Maksudnya, pasangan pengantin baru memang lebih baik untuk mandiri secara utuh. Baik secara finansial maupun secara jasmani. Sebuah keluarga baru sangat membutuhkan kesempatan untuk mandiri agar keluarga baru ini menjadi keluarga yang tahan banting dan mampu menyelesaikan berbagai masalah. Memang "Anak pohon pisang tidak akan tumbuh besar dan berbuah secara maksimal jika masih jadi satu dengan induknya".
M yang terakhir adalah Mamemangun artinya Membangun. Pasangan  pengantin baru haruslah membangun kerajaannya sendiri. Membangun kejayaannya sendiri. Sebagai salah satu cara untuk menjadi salah satu cara mengharumkan nama orang tua yang telah mendidik dari kecil.

Itulah nasihat yang disampaikan kepada kami pada acara perpisahan teman kami,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar