Selasa, Januari 21, 2014

5 Rukun Nikah

Salah satu hal yang saya dapatkan ketika saya ke Jakarta untuk menghadiri pernikahan salah seorang teman saya pada akhir tahun kemarin adalah pengetahuan tentang rukun nikah. Hal inilah yang kemudian menjadi kelakar di antara kami yang berangkat ke Jakarta waktu itu. Hal yang saya dapatkan adalah 5 RUKUN NIKAH.

Sebelum proses ijab kabul, penghulu menyebutkan rukun nikah tersebut, yaitu :
1. Ada pengantin pria
2. Ada pengantin wanita
3. Ada wali nikah
4. Ada dua saksi
5. Ada ijab kabul

Yang menjadi kelakar kami adalah di mana letak dan pentingnya prosesi resepsi pernikahan?
Resepsi pernikahan itu sebenarnya hanyalah budaya saja. Ada atau tidaknya, tidak berpengaruh pada sah atau tidaknya proses pernikahan. Benar kan?
Padahal hal itu lah yang "terkesan" menjadi hal yang wajib di pernikahan di tempat kami.
Apa buktinya?
nih....
Undangan Walimatul Ursy yang diberikan pun biasanya hanya meminta orang untuk datang pada saat resepsi, bukan pada saat ijab kabul. Padahal proses ijab kabul adalah proses yang disaksikan oleh ribuan malaikat. Bahkan saat itu adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Ada pepatah yang kemudian saya rasakan benar bahwa pasangan pengantin itu hanya menjadi "Raja dan Ratu Sehari". Ya, mereka hanya menjadi orang yang dielu-elukan hanya di hari itu. Hari - hari berikutnya? Entahlah ....

Resepsi pernikahan lebih terlihat sebagai sebuah budaya hedonisme. Budaya yang sangat dibenci oleh Allah. Biasanya resepsi pernikahan berisi nyanyi - nyanyian, terkadang dengan busana penyanyi yang agak kurang baik.
Biasanya resepsi pernikahan juga lebih terkesan menghambur - hamburkan uang.
Benar atau tidaknya, wallahualam bisshowab....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar