Rabu, Desember 03, 2014

Ringkasan Materi dan Soal Latihan .... Itu Penting

Pelajaran yang kami dapatkan dari pelaksanaan TKM/UAS di semester satu ini adalah kebingungan siswa dalam mempelajari materi yang diujikan keesokan harinya.
Dengan kompetensi dasar yang memang diulang - ulang di tiap temanya, membuat anak terkadang kebingungan, salah satu materi akan keluar pada ulangan tema mana?
seperti itulah kebingungan siswa saya.
Karena kami ulangan harian di tiap sub tema, sedangkan UAS disusun dengan menggabungkan subtema 1 dan 2. Pastilah anak jadi bingung. hee....
Akhirnya kami mengambil jalan tengah, karena tidak mungkin untuk meminta UAS dilaksanakan tiap subtema. Kami membuatkan ringkasan materi dan soal latihan agar anak tidak kesasar dalam belajar.
Kami memberikan materi selengkap - lengkapnya. Karena memang kami tidak tahu soal apa yang akan keluar esok pagi.
Terkadang ada soal yang melenceng dari apa yang kami ajarkan. Karena mungkin pengembangan dari materi yang ada di buku guru tidak sama. Ada yang condong ke selatan, ada yang condong ke utara, macem - macem.
Kami hanya takut, anak tidak mengetahui jawaban dari soal yang disusun oleh dinas.
Memang, idealnya anak seharusnya bisa mengerjakan soal yang sesuai dengan materi. Tapi terkadang ada anak - anak spesial yang akan kebingungan jika tidak diarahkan dalam belajar. 

Perbedaan yang mencolok lainnya adalah bentuk soal. Kami selalu ulangan dengan bentuk soal isian, sedangkan UAS berbentuk pilihan ganda dan isian. Permasalahannya adalah pada penilaian...
Kami akan ceritakan di post berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar