Minggu, Oktober 26, 2014

Bingung Mencari Tontonan untuk Siswa

Alhamdulillah, sekolah kami sudah mempunyai fasilitas LCD untuk beberapa kelas. Pengadaan LCD ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran. Melihat beberapa proses animasi yang berhubungan dengan materi, seperti proses terjadinya tsunami, proses terjadinya hujan asam, proses daur air, dsb, ice breaking berupa soal mencongak menggunakan power point, menunjukkan beberapa gambar pendukung dan banyak lagi yang lain.
Namun, seiring berjalannya waktu terkadang saya juga merasa kebingungan ketika "ditagih" oleh siswa untuk menonton video atau ice breaking. Ternyata di lingkungan kita lebih banyak tontonan yang kurang mendidik. Maaf ya, tontonan seperti sinetron (yang ga tamat - tamat, berseri sampai 5,6,7), komedi yang mempertontonkan aurat para artisnya, guyonan yang bersifat kasar dengan mengejek dan menyakiti satu sama lain dan masih banyak lagi,saya rasa tidak banyak manfaatnya bagi anak - anak kita.
Saya berkeinginan untuk memberikan tontonan yang baik, memberikan motivasi, memberikan pencerahan, dan membimbing sifat dan sikap anak - anak menjadi lebih baik. Memang di Indonesia juga banyak film yang baik, bebeapa yang sudah saya berikan ke anak diantaranya :
  1. Nagabonar Jadi 2
  2. Tanah Surga
  3. Perahu Kertas 1 dan 2
  4. Habibie Ainun
  5. Bangun lagi dong Lupus
  6. Garuda di Dadaku
Sebenarnya berkali - kali anak - anak meminta film yang bergenre horor. Namun horornya film Indonesia tidak begitu baik bagi mereka. Horornya mungkin 25%, sisanya adalah adegan untuk orang dewasa. Sudah banyak judul film horor yang dibuat, namun saya juga sangat jarang yang memberikan tontonan "horor". Tontonan yang membuat berteriak ketakutan, yang membuat seorang penonton merinding ketika menceritakan apa yang ditontonnya.
Saya memang lebih tertarik untuk memberikan beberapa film kartun, beberapa di antaranya :
  1. How to Train Your Dragon 1 dan 2
  2. Wall - E
  3. Cars 1 dan 2
  4. Turbo 
  5. Rattatoulie
  6. Kungfu Panda 1 dan 2
Saya juga pernah memberikan beberapa film luar negeri seperti :
  1. Three Idiots (film favorit saya) 
  2. I'm Legend
  3. Kungfu Kid
  4. I'm not Stupid 1 dan 2
  5. Taree Zameen
Namun, setelah kurang lebih 3 tahun saya mengajar, stok film saya sudah habis, saya bingung ketika saya ditagih film lagi. Saya prihatin, ternyata kita bangsa yang besar, namun ternyata kita belum bisa berswasembada dalam menyediakan sesuatu yang baik untuk anak - anak kita.
Semoga dengan adanya sedikit pengalaman saya ini memberikan motivasi yang besar untuk menyediakan tontonan yang baik bagi anak - anak kita.
_mungkin ada rekomendasi tontonan yang baik untuk anak - anak kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar