Sabtu, Juni 22, 2013

Kenaikan Bersyarat Siswa

Mari kita jadikan tulisan ini sebagai muhasabah dan instropeksi kepada kita, khususnya yang merupakan saudara seperjuangan guru.
Seorang siswa selalu mendambakan untuk bisa bersama teman-teman sekelasnya dalam mengikuti pembelajaran. Namun pada kenyataannya tidak semua siswa itu berhak naik. Berdasarkan UU Sisdiknas no 20 tahun 2003, dan PP no 19 tahun 2005 menyebutkan bahwa seorang siswa akan naik jika memenuhi persyaratan dan lulus dari penilaian pendidik serta satuan pendidikannya.
Hal ini juga telah dijadikan bahan pembicaraan dan diskusi dengan orang tua wali semenjak awal tahun pembelajaran. Dengan menyebutkan nilai KKM, batas jumlah nilai di bawah KKM yang menyebabkan siswa tidak naik kelas, kriteria kenaikan kelas setiap sekolah dsb.
Kemudian orang tua/wali murid diminta mengawal dan mengawasi nilai putra-putrinya agar tidak berada di bawah KKM, guru dan sekolah pun diminta mempertanggungjawabkan proses pembelajaran di kelas yang sesuai dengan KKM yang telah ditentukan.
Dengan keadaan kelas yang heterogen, siswa yang berlatarbelakang berbeda, kemampuan kognitif, psikomotor, dan afektif siswa serta tingkat pendidikan orang tua pasti selalu terdapat masalah dimana siswa yang tidak mampu mencapai nilai KKM, bahkan mungkin sampai mencapai batas maksimal nilai yang berada di bawah KKM yang mengancamnya tidak bisa naik ke kelas berikutnya.
Jika sampai keadaan seperti itu sekolah seharusnya memberlakukan peraturan yang telah disepakati dan disosialisasikan sebelumnya, akan tetapi terkadang terdapat kenaikan kelas bagi anak-anak yang seperti itu yang disebut dengan kenaikan bersyarat.
nah inilah yang ingin saya tanyakan, mungkin teman-teman mempunyai dasar pelaksanan atau prosedur pelaksanaan yang lebih jelas dan terstruktur tentang hal tersebut, saya sangat memohon bantuannya untuk di share di sini. Karena selalu terdapat silang pendapat tentang hal ini di tempat saya mengajar.

Jika berkenan, saya juga sangat membutuhkan draf lengkapnya. dapat dikirim ke alamat email saya djatie_echizen@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar