Sabtu, Februari 21, 2015

Mendidik Anak Berkompetisi Lewat Lomba

Banyak sekali cara mendidik anak, terutama membentuk karakter anak. Salah satunya dengan mengikutsertakan anak didik dalam lomba. Seorang anak didik yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba akan mendapatkan banyak manfaat selain bertambahnya pengetahuan dalam satu bidang tertentu. Begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh anak, sehingga lomba yang diadakan jarang sekali sepi peminat. Pelomba adalah sebutan bagi anak yang sangat sering mengikuti lomba. Ditambah dengan kerjasama orang tua di rumah, hasil yang diperoleh anak akan lebih maksimal. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh anak ketika mengikuti lomba.
Pertama, fokus dalam belajar. Kedua, target yang jelas dalam mengikuti kompetisi. Ketiga, kemampuan untuk berbicara di depan umum. Keempat, meningkatkan kemampuan anak dalam bersaing untuk menjadi wakil sekolah.
Kelima, berkumpul dengan para pelomba dari sekolah lain. Keenam, menikmati kegagalan dan bangkit kembali. Ketujuh, meningkatnya semangat ketika menjadi juara. Kedelapan, mengetahui jenis soal dan sistematika lomba. Kesembilan, meningkatkan kepercayaan diri. Kesepuluh, tersalurnya bakat dan minat anak didik.
Kesebelas, pantang menyerah. Keduabelas, mandiri. Ketigabelas, bekerja sama dalam tim. Keempat belas sportif.
Keempatbelas manfaat anak dalam berkompetisi dalam lomba di atas mungkin masih bisa bertambah sesuai dengan jenis lomba yang diikuti anak. Namun setidaknya hal di atas yang langsung dapat dirasakan anak ketika dalam persiapan, pelaksanaan, dan pasca mengikuti lomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar