Minggu, Januari 13, 2013

Instrumen Assessment Kognitif Peserta Didik Baru Tingkat SD



Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan tugas untuk membuat instrument assessment (penilaian) kognitif sebagai salah satu tes siswa baru di SD tempat saya bekerja. Lumayan bingung dalam pengerjaannya, namun Alhamdulillah dapat selesai tepat waktu.
Saya mendapatkan tugas untuk penilaian aspek kognitif matematika, kemudian saya membaginya sebagai berikut :
Indikator :
Geometri
Instrumen penilaian
  1. Anak mampu menyebutkan nama bangun-bangun geometri sederhana (segitiga, lingkaran, segiempat)
  2. Anak mampu menyebutkan beberapa benda di kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan bangun geometri yang diminta(segitiga, lingkaran, segiempat)
  3. Anak mampu menyebutkan benda-benda geometri yang berwarna sama (segitiga,lingkaran, segiempat)
  4. Anak mampu menyusun benda berbentuk geometri yang sama dari yang terkecil hingga terbesar (segitiga, lingkaran, segiempat)
Aljabar
Instrumen penilaian :
  1. Anak mengenali angka dari 0-9
  2. Anak mampu menyebutkan urutan angka dari yang terkecil dari 1-10
  3. Anak mampu menyebutkan angka secara urut sampai yang terbesar semaksimal mungkin
  4. Anak mampu menjodohkan angka dan namanya
  5. Anak mampu menuliskan nama angka yang diminta
  6. Anak mampu melakukan operasi penjumlahan sederhana
  7. Anak mampu melakukan operasi pengurangan sederhana
  8. Anak mampu membilang benda yang diminta
Saya menyediakan instrument yang lengkap dengan rubrik penilaian dan contoh peraganya di sini, silahkan klik link download di bawah ini.

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar