Sabtu, Desember 29, 2012

Rumus Pencarian Tripel Phytagoras


Beberapa waktu yang lalu terdapat beberapa pertanyaan dari anak-anak saya tentang tripel phytagoras. Bagaimana kok pak guru bisa tahu ini tripel phytagoras atau tidak, dan saya tidak bisa menjawab. Karena sebenarnya contoh yang saya berikan kepada anak-anak saya adalah hafalan dari beberapa soal yang sudah saya kerjakan.
Kemudian saya berusaha mencari rumus dari pencarian tripel phytagoras tersebut. Dan saya menemukannya.  Ada dua jalan yang saya temukan, untuk bilangan awalnya genap dan ganjil. Silahkan download di bawah ini


Tripel phytagoras ganjil

Tripel phytagoras genap



Tripel phytagoras yang menjadi contoh dalam link ziddu di atas adalah tripel phytagoras asli, yang bukan merupakan kelipatan dari tripel phytagoras yang lainnya. Karena kelipatan dari sebuah tripel phytagoras juga merupakan tripel phytagoras.
Contohnya : 3, 4, 5.
Jika masing-masing anggota tripel dikalikan dengan 2 menjadi 6, 8, 10.
Semoga bermanfaat.
Mohon kritik dan saran atas apa yang saya tulis ini.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar